Total Pageviews

Friday 6 May 2011

KEAJAIBAN RELAKSASI


Oleh: Hendra aditya S. Farm., Apt. dari berbagai sumber.

Pada abad ini setiap orang dituntut untuk meningkatkan produktifitas mereka terutama dalam sisi perekonomian mereka, setiap orang berlomba-lamba meningkatkan kinerja mereka dan mereka berusaha meningkatkan produktifitas mereka dan disisi lain juga meningkatkan kualitas hasil produksi mereka, dengan meningkatnya persaingan dan meningkatnya segala tuntutan akan meningkatkan perasaan tertekan atau stress dalam diri seseoang ini biasa ditandai dengan perasaan tidak nyaman dalam lingkungan kerja, jantung berdebar-debar, sulit berkonsentrasi, kebuntuan pikiran bahkan kadang-kadang menimbulkan tumbuhnya penyakit yang berbahaya seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, obesitas dan penyakit lainya.
            Pada sisi lain tekanan stres yang berlebihan akan menurunkan kinerja seseorang, hasil pekerjaanya akan menurun seiring bertambahnya tekanan stres dalam dirinya, menurut penelitaan terbaru dari havard psicologic university (Yerkes & Dodson), stres pada tahap awal mempunyai andil dalam meningkatkan kinerja seseorang sehingga kinerja seseorang menjadi lebih baik dan lebih cepat  tetapi dengan meningkatnya stres pada titik tertentu bisa menjadikan sesuatu yang berbahaya dan bisa menyebabkan kegagakan produktifitas seseorang.
            Untuk itu seseorang harus bisa mengelola stres yang ada dalam dirinya, salah satu cara yang paling menabjubkan dan juga merupakan temuan ilmiah pada abad ini adalah dengaan terapi relaksasi, dengan terapi relaksasi anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan anda akan terbebas dari berbagai macam tekanan dan pikiran anda dan hati anda akan menjadi lebih tenana dan bisa berfikir lebih baik.
            Ilmuwan sara W. lazar melakukan penelitian kepada selompok pemeditasi dari india dengan menggunakan alat-alat yang pemindaian otak yang canggih, proses meditasi tersebut dilakukan dengan mengulang kata-kata secara teratur yang memiliki makna relijius dalam diri mereka, hasil pemindaian menggambarkan otak secara umum menjadi lebih tenang tetapi yang menarik ada bagian otak yang berfungsi sebagai kontrol utama seperti pengambilan keputusan, pemilihan fokus pikiran menjadi sangat aktif . Selama meditasi juga terjadi peningkatan aliran ke sistim limbik dan batang otak yang merupakan bagian otak yang berfungsi mengatur sisitem syaraf otonom yang mengatur tekanan darah, detak jantung, dan pernafasan. Dan fenomena yang paling menarik adalh setelah mereka menghentikan meditasi mereka dan memusatkan pikiran mereka pada sebuah titik di depan layar aktivitas otak mereka menjadi lebih meningkat secara dramastis.
            Dalam penelitian yang lain saat kita melakukan relaksasi dengan melakukan aktivitas yang repetitif, seperti mengulang kata-kata tertentu maka akan terjadi peningkatan kadar nirogen oksida (NO) yang merupakan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh seperti meningkatkan ingatan, melebarkan pembuluh darah, melawan shock, meningkatkan sistem imun tubuh dll, disaat yang sama otak juga akan mengelurkan neurotransmiter yang menenangkan seperti dopamin dan endorfin yang memberikan rasa damai dalam tubuh.
            Karena banyaknya manfaat tehnik relaksasi tersebut alangkah baiknya bila kita gunakan untuk meningkatkan produktifitas dan kemampan berfikir kita, banyak sekali cara-cara relaksasi yang ada seperti meditasi, sholat atau melakukaan kegian rekreasi, berjalan-jalan di pegunungan yang sepi dan cara-cara lain. Tapi ada cara yang paling sederhana untuk melakukan relaksasi, yang pada dasarnya adalah melakukan kegiatan yang repetitif, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih kata atau kalimat pendek yang bermakna untuk disebut berulang-ulang, lebih baik jika berhubungan dengan faktor iman anda.
  2. Duduklah dengan nyaman, tutup mata anda, bernafaslah dengan ringan dan teratur, ulangi kata atau kalimat yang anda pilih tanpa suara setiap kali mengeluarkan nafas selam sepuluh sampai dua puluh menit.
  3. Jangan melawan atau marah terhadap gangguan pikiran- Jauhkan pikiran anda secara lembut dan kembali lakukan penulangan tanpa suara, jangan merasa tegang dan gagal.
  4. Setelah sepuluh sampai dua puluh menit, buka mata duduk diam beberapa menit, biarkan pikiran sehari hari memasuki benak anda.
Pada titik ini anda mungkin telah mengalami pembebasan diri, secara fisik tubuh anda sedang mengeluarkan sejumlah nitrogen oksida, bersama dengan neurotransmiter yang diasosiasikan sebagai pelindung terhadap stress, Otak anda secara umum melewati tahap penenangan tetapi bagian atensi dan pusat kontrol meningkat pesat.
            Itulah cara untuk melepas stres kita dan meningkatkan kualitas kerja dan pola pikir kita, dan perlu diingat bahwa kegiatan repetitif tadi dapat digantikan bentuk lain seperti joging, jalan kaki atau berhubungan dengan ritual ibadah seperti dzikir, Hasilnya bisa sama saja yang terpenting kegiatan yang dilakukan harus tidak menimbulkan stres, cukup teratur, dan dilakukan agar pola pikirah lama terputus.

No comments:

Post a Comment